Rabu, 05 Januari 2011

Vespa kembali ke Indonesia




Setelah lama mati suri, produsen motor Italia, Vespa akhirnya akan lahir kembali di Indonesia. Rencananya, Vespa akan kembali menginvasi Indonesia seperti beberapa puluh tahun lalu.

Produsen motor Piaggio dan Vespa akan segera kembali di Indonesia. Produsen motor asal Italia ini pun ingin bernostagia dengan para penggunanya. Untuk itu, Piaggio yang menjadi induk merek Vespa akan segera mencari rekanan yang cocok untuk memulai kembali menancapkan dominasi mereka di ranah nusantara ini.

"Pasar Asia Tenggara khususnya Indonesia sangat prospektif bagi kami, pada tahun 2009 penjualan roda dua di Asia Tenggara mencapai 11,3 juta unit senilai 14,6 miliar Euro," ungkap Vice President-Indonesia Business Development, Asia 2 Wheeler Piaggio &C.Spa Sergio Mosca di Jakarta, pertengahan pekan kemarin.



Karena itulah tidak heran bila Piaggio dan Vespa kesemsem untuk kembali lagi ke Indonesia. Dalam media and business launch gathering itu hadir pula perwakilan dari kedutaan besar Italia, direksi beberapa perbankan dan pembiayaan di Indonesia dan direksi PT Sentra Kreasi Niaga yang selama ini menjadi distributor resmi motor-motor Italia itu. "Indonesia sangat penting dan berpotensi, karena itu kami ingin kembali ke sini," tandasnya.

Untuk menancapkan kukunya di tanah air, PT Piaggio Indonesia akan mulai beroperasi pada bulan Maret 2011.

Dahulu, produksi dan penjualan motor Piaggio dan Vespa dipegang oleh Danmotor. Perusahaan itu cukup berhasil membuat skuter Italia ini menjadi legenda di Indonesia. Tapi karena mendapat masalah, Danmotor pun tidak bisa melanjutkan kegiatan bisnisnya di Indonesia.

"Kami tidak mau muluk-muluk, kami hanya ingin jadi dealer utama untuk Jawa dan Bali," imbuh Presiden Direktur PT Sentra Kreasi Niaga, Nugroho Tjandrakusuma di tempat yang sama.

Beberapa puluh tahun lalu nama Vespa dan Piaggio sangat besar, ada ribuan motor Vespa dan Piaggio yang telah dijual di Indonesia. Dan hingga kini, motor-motor Vespa era 60,70 dan 80an pun masih terlihat berseliweran di jalanan Indonesia. "Kami punya sejarah panjang disini, dan kami ingin itu terjadi lagi," tandas Sergio Mosca.

Keperkasaan masa lalu itulah yang menurut Mosca membawa Vespa dan Piaggio untuk kembali. ATPM resmi motor ini, PT Piaggio Indonesia pun akan segera beropersi di bulan Maret 2011 dengan target menginvasi enam wilayah di Jawa dan Bali.

Dana sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 27 miliar pun siap mereka kucurkan sebagai modal awal ekspansi mereka di Indoensia.

"Setelah konsolidasi dan pembangunan jaringan ini selesai, mungkin bulan Juni atau Juli kita bisa jualan," imbuh Office Manager PT Piaggio Indonesia, Taufik Syamsurizal.

Meski sudah memastikan diri akan resmi masuk ke Indonesia, Piaggio dan Vespa ternyata belum mau muluk-muluk menargetkan angka penjualan tahun 2011 mendatang. PT Piaggio Indonesia yang akan menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) resmi Piaggio dan Vespa mengatakan kalau mereka akan fokus ke perluasan dealer di wilayah Indonesia.

"Saya tidak akan bicara tentang market share, kami masih terlalu baru disini untuk membicarakan itu. Karena itu, kami lebih baik fokus ke penyebaran jaringan distribusi dulu," ungkap Sergio Mosca.

Rencananya pada tahun 2011 mendatang PT Piaggio Indonesia yang baru resmi beroperasi pada tanggal 1 Maret 2011 itu akan menginvasi enam wilayah di pulau Jawa dan Bali dengan membuka sekitar 70 showroom baru.

Ke-70 showroom yang dibangun dengan modal awal sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 27 miliar itu nantinya akan menjual motor-motor Piaggio dan Vespa produksi pabrik di Vietnam antara lain Vespa LX, Piaggio Liberty dan Piaggio Zip.

Baru pada tahun 2012 nanti akan dimasukkan lagi Vespa S dan sebuah skuter baru serta sebuah motor model baru.

2 komentar:

  1. tapi harganya bro yg agak berat, coba agak merakyat. jangan sampai nasibnya kayak vw

    BalasHapus
  2. iya bro, walau udh di indonesia tp, harganya kurang merakyat.. padahal, harganya udh di turunin dari yg awalnya harga Vespa LX bisa sampai 50juta, sekarang jadi 20-30juta (pabrikan Vietnam)

    BalasHapus